Ahmadi Hadibroto Masuk IFAC Board

Ahmadi Hadibroto Anggota Dewan IFAC

Indonesia mendapat kehormatan dengan terpilihnya wakil Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebagai anggota Dewan Organisasi Profesi Akuntan Dunia periode 2011-2014. Keputusan tersebut ditetapkan dalam pertemuan tahunan International Federation of Accountants (IFAC) yang berlangsung di Berlin, Kamis 17 Nopember 2011.

Ahmadi Hadibroto, menorehkan sejarah sebagai anggota IFAC Board dari Indonesia sejak dibentuknya IFAC tahun 1977. IFAC merupakan organisasi profesi akuntan dunia yang merepresentasikan 2 juta akuntan yang bernaung dalam 267 asosiasi profesi anggota IFAC yang tersebar di 127 negara.

Terpilihnya Ahmadi menduduki dewan organisasi prestisius yang beranggotakan 22 orang tersebut diprediksi mempertimbangkan kotokohan beliau sebelumnya dikawasan Regional. Dukungan terhadap Ahmadi juga disuarakan oleh ASEAN Federation of Accountants yang pernah diketuai Ahmadi tahun 2006-2007.

Selain Ahmadi, lima anggota baru IFAC yang terpilih adalah Rachel Grimes dari Australia, Ganapathy Ramaswamy dari India, Makoto Shinohara dari Jepang, Masum Turker dari Turki, dan Steven Vieweg dari Kanada. Enam anggota Dewan IFAC baru tersebut lolos memalui tahap fit and profer yang dilaksanakan oleh Komite Nominasi IFAC jauh hari sebelumnya. Proses pemilihan kandidat mewakili keragaman dan keseimbangan gender, wilayah, dan pengalaman profesional dunia akuntansi.

Sebagai Anggota Dewan IFAC, Indonesia akan ikut dalam pembahasan intensif berbagai isu internasional yang terkait dengan profesi akuntan, mulai pada sidang Dewan IFAC hari Jum’at 18 Sepetember ini di Berlin. Dalam kapasitasnya sebagai Anggota Dewan, Indonesia juga akan menentukan proses pengambilan keputusan-keputusan strategis dalam isu-isu global terkait pengembangan dan penguatan profesi akuntan meliputi akuntan pendidik, akuntan sektor publik, akuntan manajemen dan akuntan publik.

Prof. Mardiasmo, Ketua DPN IAI mengucapkan puji syukur atas terpilihnya Ahmadi sebagai wakil dari IAI. “Ini menjadi prestasi bagi akuntan Indonesia karena untuk pertama kalinya masuk dalam jajaran pengurus IFAC, jelasnya, Jumat (18/11).

Mardiasmo mengaku, dengan adanya perwakilan Indonesia dalam IFAC otomatis akan meningkatkan nilai tawar profesi akuntan dalam negeri di mata internasional. Terpilihnya wakil IAI ini telah menunjukkkan Indonesia sebagai negara G-20 dengan kualitas akuntan Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain di Eropa dan Amerika.

“Prestasi ini diharapkan dapat mengangkat nama baik Indonesia dalam kancah internasional dan semakin memajukan profesi akuntan Indonesia. Memberi semangat bagi akuntan-akuntan Indonesia untuk semakin berkarya, meningkatkan eksistensi akuntan dan berkontribusi maksimal bagi kemajuan perekonomian bangsa dan negara.” ujarnya.

About IAI KNOWLEDGE CENTER CABANG DEPOK

Pelatihan/Kursus Brevet AB, Pelatihan/Kursus Brevet C, Pelatihan/Kursus Akuntansi Tingkat Dasar, Pelatihan/Kursus Cost Accounting, Pelatihan/Kursus PSAK Terkini, Workshop, In House Training. Berbagai Macam Pelatihan/Kursus, Workshop/Seminar Seputar Akuntansi dan Perpajakan

Posted on 15/12/2011, in IAI NEWS and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment